Jumat, 11 Maret 2011

Pembahasan Soal kemiringan Lereng dengan Para Guru Geografi SMA

Pembahasan Soal Kemiringan Lereng

Tri Haryanto Azzuhud

pada peta topografi dik jarak P-Q di peta 1 cm, skala 1:100.000. beda tinggi P dan Q 50 meter. kemiringan lereng PQ.....

a.1 derajat 50'

b.2 derajat 51'

c.3 derajat 52'

d.4 derajat 53'

e.5 derajat 54'

UN 2009, ada yg tahu?kalau jwbn dlm % sy tahu,

    • Eno N' Ari

      Jwbannya yg B.

      Caranya: x/57,3 = beda tinggi/jarak PQ

      x/57,3 = 50/1000

      20x = 57,3

      ... x = 2,865

      = 2 derajat (0,865x60)

      = 2 derajat 51' (0,9x60)

      = 2 derajat 51'. 54"

      Semoga bisa membantu...See More

      March 7 at 5:11pm ·UnlikeLike · 3 peopleLoading...

    • Tri Haryanto Azzuhud ‎57,3 dr mana no?

      March 7 at 5:16pm ·LikeUnlike

    • Eno N' Ari Itu konstantanya kak tri. Klo gak salah itu ada d rumus fisika.

      March 7 at 5:22pm ·LikeUnlike

    • Tri Haryanto Azzuhud Oh gitu,wah thnx banget nih coz pernah nanya ke guru mtk katanya kudu pake kalkulator/tabel mtk.

      March 7 at 5:31pm ·LikeUnlike

    • Kiki Novita Dan Osa Sama kaya eno jawabn'a..pernah dbhas pak marah uli..

      March 7 at 5:31pm ·LikeUnlike

    • Mulya Rahman

      ILMU DARI PAK PARWATA waktu kuliah dulu...

      kemiringan lereng dalam derajat yaitu:

      tangen dr sudut kemiringan lereng (alpha)= (beda tinggi/jarak PQ)

      tg alpha = 50m/1000m

      ...tg alpha = 0,05

      alpha = 2,85 derajat (angka dibelakang koma dikali 60 menjadi)

      = 2 derajat 51'

    • Tri Haryanto Azzuhud Tg alpha 0,05=2,85 dpt dr mana mul?

      March 7 at 6:41pm ·LikeUnlike

    • Mulya Rahman begini tri...,

      tangen berapa hasilnya=0,05 atau mendekati 0,05..

      maka bisa dicari dengan kalkulator tentunya...

      hasilnya didapat tangen dari sudut 2,85 derajat adalah 0,05

      March 7 at 7:25pm ·LikeUnlike

    • Gunadi Bin Samin di geografi da itungan bgini ya, ruwet amat sih

      March 7 at 7:27pm ·LikeUnlike

    • Mulya Rahman lha... lu dulu kartografi kemana gun...???

      March 7 at 7:31pm ·LikeUnlike

    • Gunadi Bin Samin maen samtiang mul, wah gw ketinggalan plajaran, bahaya ni kl pe ditanyain murid

      March 7 at 7:37pm ·LikeUnlike

    • Tri Haryanto Azzuhud Oh mesti pake kalkulator ya?

      March 7 at 7:38pm ·LikeUnlike

    • Mulya Rahman tenang aja gun..., yang itu mah ga keluar kayanya dah...

      March 7 at 7:41pm ·LikeUnlike

    • Gunadi Bin Samin video yg di tag iriel kok gk bs di donlod ya, carany gm

      March 7 at 7:45pm ·LikeUnlike

    • Mulya Rahman bisa juga sih ga pake kalkulator...

      pake logika matematika sederhana...

      cuma jalannya panjang...

      pake cotangent... kebalikannya dari tangen..

      March 7 at 7:45pm ·LikeUnlike

    • Dwi Anggoro SPd lu pinter juga dul! mancaps... satu guru satu ilmu tapi gw ga inget guru kita ngasih trick ini... hebat lu dul. wakaka

      Tuesday at 9:49am ·LikeUnlike

    • Bahij Alazmi ‎45 derajat = 100 %. 5 /100 x 45 derajat = 2,25 ... salah kayakna.

      Tuesday at 12:05pm ·LikeUnlike

    • Gunawan Wibisono Gambar aj bang kondisi na..terus di ukur sudut na pake busur..

      Klo ke gedean diperkecil pake skala..

      Hahaha

      Tuesday at 2:16pm ·LikeUnlike

    • Darmadi Darmo tangen (50m/1000m)

      Tuesday at 8:41pm ·LikeUnlike

    • Darmadi Darmo kalo dalam %,(50m/1000m)*100%; 1000m adalah 1cmX100.000

      Tuesday at 8:43pm ·LikeUnlike

    • Darmadi Darmo ato (50/1000)*90derajad

      Tuesday at 8:44pm ·LikeUnlike

    • Darmadi Darmo kalo masih salah,berarti cotangen 50/1000

      Tuesday at 8:51pm ·LikeUnlike

Tidak ada komentar: