Sabtu, 12 Maret 2011

Membuat Multimedia Pembelajaran


Seiring perkembangan yang memacu pertumbuhan teknologi Informasi saat ini, telah membuat dunia pendidikan terdorong untuk dapat menggunakan secara maksimal penggunaan Teknologi Informasi dalam bidang Pendidikan. Media Audio, Media Visual, maupun Media Audio Visual kini makin berkembang. perkembangan ini memicu ide untuk membuat Media Pembelajaran berbasis Interaktif. Interatif disini dimaksudkan bahwa pengguna media dapat berinteraksi dengan media yang sedang dihadapi. Pengembangan ini menuntut kreativitas dan ribuan jam dalam pembuatan Media Interaktif pembelajaran. Pengembangan media yang telah ada seperti Encyclopedia brittanica, Microsoft Encharta, merupakan salah satu upaya dunia dalam meningkatkan intensitas dan perhatian siswa terhadap pelajaran. terbukti dari banyak penelitian yang dilakukan kalangan ahli pendidikan, bahwa penggunaan Media interaktif berbasis Audio dan Visual telah meningkatkan daya tangkap siswa yang menggunakan media tersebut.
Geografi sebagai ilmu yang diajarkan siswa di tingkat SMP dan SMA merupakan ilmu yang diajarkan dengan berbagai metode interaktif yang memudahkan siswa dalam memahami, menghapalkan objek dan bentukan Geografi yang diajarkan. sebab dengan melihat objek yang diajarkan siswa akan dapat memahami lebih jelas terhadap materi yang sedang dihadapi.
Tulisan ini mencoba mendorong Guru untuk dapat menciptakan layanan perangkat multimedia interaktif yang saat ini perangkat pendukungnya telah memadai. perangkat yang ada pun telah banyak yang Gratis (Freeware) dan mendukung berbagai platform. Berikut perangkat layanan yang dapat digunakan dalam pembuatan media interaktif sederhana :

Media Berbasis Audio Video
1. Windows Movie Maker, Perangkat yang merupakan bawaan software OS Windows ini telah mampu memaksimalkan pengguna dalam pembuatan Media Audio Video, berbagai perangkat yang ada telah mampu menambahkan elemen-elemen dasar dan elemen tambahan dalam pembuatan suatu Video. dengan konsep yang User Friendly menjadikan WMM sebagai software terdepan dalam pembuatan Video secara praktis dan efisien.

Media Berbasis Presentasi/flash Interaktif
1. Microsoft Power Point, Perangkat dalam Microsoft Office diberbagai seri ini mampu menghadirkan suasana yang ramah pengguna, kenyamanan fitur-fitur yang ada, dan mampu membuat suasana Presentasi menjadi menarik dan nyaman. Power point telah mendukung banyak macam dan jenis presentasi yang digunakan dalam berbagai even dan kegiatan termasuk dalam dunia pendidikan.

2. I-Spring, merupakan perangkat pendukung yang masuk sebagai adds-in dalam Microsoft Power point. Perangkat ini mendukung perubahan (convert) file *ppt ke *swf. dalam pengertian lain mampu mengubah format halaman presentasi ke dalam Flash movie interaktif.

3. Macromedia Flash, Flash sebagai perangkat yang mutakhir dalam menambahkan elemen Animasi saat presentasi, peragaan, ataupun pembuatan quis. perangkat yang dikeluarkan oleh Macromedia ini merupakan aplikasi berbayar lisensinya, sehingga bagi kita yang ingin menggunakannya dapat membeli lisensi yang akan mengaktifkan Flash kita dalam jangka waktu yang lama.

4. Hot Potatoes, aplikasi freeware ini disediakan bagi kalangan pendidik dan pengajar perguruan tinggi dalam membuat quiz interaktif yang dimasukkan dalam aplikasi Web. Perangkat ini mampu membuat kuis, teka-teki silang, mencocokkan, pilihan ganda, essay bahkan mengirimkan jawaban kepada sang pembuat kuis.

5. Quisword Wondershare, sama dengan Hot Potatoes, perangkat ini lebih User-Friendly dibandingkan dengan hot potatoes, fitur-fitur yang digunakan dalam output file berbasis *swf ini mampu menghadirkan suasana pembuatan kuis interaktif yang nyaman.

Media Berbasis Web
1. Easy Web Maker, Aplikasi web yang stand allone ini sangat memudahkan pengguna dalam membuat media interaktif berbasis web. EWM tidak mensyaratkan penggunannya untuk mengerti tentang HTML, atau Script dalam web. sebab EWM dengan mudah dapat memanajemen web yang akan dibuat pengguna dengan menu-menu interaktif yang dapat dengan mudah digunakan.

2. Moodle, Aplikasi web berbasis server telah banyak digunakan sebagai media yang paling cocok dalam pengembangan dan penggunaannya sebagai Learning Management System. Aplikasi ini biasa digunakan dalam pembelajaran jarak jauh sebagai bagian dari Long Life Education dan Distance Learning. Aplikasi canggih ini memungkinkan para siswa untuk secara online bertemu dengan dosennya, ber chatting, atau pemberian dan penyerahan tugas, bahkan ujian dapat dilakukan secara online dengan Moodle. aplikasi ini banyak digunakan di perguruan tinggi. Beberapa sekolah juga telah merintis penggunaan Moodle sebagai e-learning. selain Moodle masih banyak perangkat lain yang dapat digunakan seperti Dokeos, Atutor, dan lainnya.

Masih banyak perangkat media yang dapat digunakan dalam pembuatan media belajar yang interaktif, kuncinya, Guru sebagai instruktur perlu lebih menyelami dan mampu berkreasi dalam penggunaan media belajar interaktif ini untuk dipadukan dalam pembelajaran di kelas.