Langsung ke konten utama

Kisi-Kisi Sejrah Peminatan IPS

1.    Sumber sejarah tertulis
2.    Belajar sejarah sangat besar manfaatnya bagi suatu bangsa
3.    Tujuan Konsep kronologis sangat diperlukan dalam mempelajari ilmu sejarah.
4.    Kegunaan Sejarah (Hibuan, Pedidikan, Seni, Filsafat)
5.    Peristiwa sejarah
6.    Penulisan sejarah yang tidak sesuai dengan urutan waktu sehingga menimbulkan pemahaman yang keliru terhadap kisah sejarah, yaitu Historiografi, Anakronisme, Rekonstruksi, Kontinuitas
7.    unsur-unsur sejarah
8.    Manfaat-manfaat mempelajari sejarah
9.    bahan-bahan documenter
10. 4 (empat) langkah yang harus di lakukan oleh seorang sejarawan dalam rangka merekonstruksi peristiwa masa lalu,
11. Sejarah dikatakan sebagai ilmu dengan alasan memiliki hal-hal berikut ; Teori, Objek Penelitian, Metode, Empiris.
12. Bentuk-bentuk penelitian yang dilakukan dengan Library Research
13. Jenis-jenis Sejarah
14. Ilmu bantu sejarah yang mempelajari tentang mata uang kuno
15. Ikonografi
16. cara berpikir diankronik
17. cara berpikir sinkronik
18. Kronologi
19. Kronik
20. Urutan waktu dalam peristiwa sejarah Indonesia menurut Sartono Kartodirdjo
1)    Prasejarah Indonesia
2)    Zaman Kuno
3)    Masa Peralihan
21. Merekontruksi peristiwa sejarah (history as past actually) menjadi sejarah sebagai kisah (history as written) adalah tujuan dari Interpretasi sejarah
22. Tahap heuristik adalah Mencari dan menemukan sumber data
23. Penafsiran sejarah yang didasarkan pada perkembangan orang-orang besar merupakan bentuk penafsiran menurut Penafsiran teori orang besar
24. Urutan yang benar dalam metode penelitian sejarah adalah :
1)    Tema Sejarah
2)    Sumber Sejarah
3)    Kritik Sejarah
4)    Penafsiran Sejarah
5)    Penulisan Sejarah
25. Berikut cara memilih tema sejarah yang baik, Nilai (value), Keaslian (Originality), Kepraktisan (Practically), Kesatuan (unity)


26. Dalam menafsirkan sumber sejarah dilakukan interpretasi dua hal yaitu Analisis dan sintesis

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengumuman

Untuk Tugas Kelas X Materi Hidrosfer : Mencari kliping berita tentang Kerusakan Air, sebanyak 3 Buah berita, berikut analisa menggunakan analisa geografi 5w + 1 H : What : Where : Why : Who : When : How : Analisa Berita : Untuk Remedial UTS : Merangkum Seluruh Materi Litosfer, Pedosfer, Atmosfer dalam bentuk power point (minimal 15 Slide) dibuat secara menarik dicopy ke dalam bentuk CD-ROM, Maksimal Size file 500 MB. Kumpulkan pada saat Remedial Geografi Kelas masing-masing. Untuk Remedial UAS : Analisa Soal UAS, beri alasan jawabanya, dikerjakan di kertas Folio, minimal 1 soal 5 baris alasan kenapa jawabannya demikian. Dikumpulkan saat Remedial Geografi Kelas Masing-masing. Terima Kasih,

KOMODO DAN PROSES EVOLUSI

Keajaiban Komodo ini dipakai oleh ahli evolusi maupun penentangnya. Penentang evolusi mengatakan bahwa Komodo merupakan bukti bahwa binatang itu sejak dulu ya tetep saja tidak berevolusi. Dan Komodo ini salah satu contoh yg masih tetap hidup bertahan tanpa mengalami proses evolusi. Binatang-binatang lain itu diciptakan ya sudah seperti itu. Namun bagi ahli yang menggeluti evolusi penemuan-penemuan baru selalu menarik untuk dikaji dan menguji teori serta mengerti proses ini berjalan. Tulisan dibawah ini hasil obrolan santai dengan Pak Awang H Satyana tentang keberadaan Komodo serta hubungannya dengan Geologi, terutama ilmu Tektonik dan fluktuasi muka air laut. Menurut Pak Awang, pengetahuan tentang evolusi komodo (Varanus komodoensis) dari Asia ke Australia ke P. Komodo dan sekitarnya, berasal dari Claudio Ciofi (1999) yang menuliskannya dalam sebuah artikel utama Majalah Scientific American edisi Maret 1999 berjudul “The Komodo Dragon“. Secara ringkas, kesimpulan Ciofi dituliskan berik...

UPDATE : Hasil UAS

Hasil UAS bisa dilihat di Halaman : HASIL UAS KELAS X berikut daftar nama dan nilai UAS. Buat yang nilai UAS nya kurang dari 70 diharap membuat Tugas Remedial seperti yang sudah disempaikan sebelumnya. Terima kasih.